Pengaruh Return On Assets (Roa) dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan di Sektor Manufaktur yang Terdaftar Bursa Efek Indonesia Periode 2012 – 2016)

http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16510/

Pengaruh Return On Assets (Roa) dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan di Sektor Manufaktur yang Terdaftar Bursa Efek Indonesia Periode 2012 – 2016)

Hadi, Abdul

Penelitian ini tujuan untuk mengetahui pengaruh antar variabel yakni, variabel Return On Assets (ROA) dan pertumbuhan penjualan terhadap harga saham (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2012-2016. Penelitian ini menggunakan data sekunder, dimana data yang di dapatkan oleh penulis di dapatkan dari pihak ketiga yang berupa dokumentasi berupa laporan keuangan dari perusahaan yang di teliti oleh penulis. Populasi dari perusahaan ini terdapat 13 perusahaan pada perusahaan sektor food and beverage yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2012-2016. Menggunakan metode purposive sampling dimana sampel yang di gunakan merupakan perusahaan yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh penulis sehingga penulis mendapatkan sampel sebanyak 7 perusahaan. Penelitian ini di uji dengan menggunakan program SPSS versi 20.0.
Analisis data dilakukan dengan metode analisis kuantitatif berupa analisis regresi linier berganda analisis manajemen keuangan dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji auto korelasi, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas serta pengujian hipotesis yang terdiri dari uji T (secara parsial) dan uji F (secara simultan), kemudian terdapat koefisien korelasi (R) dan koefisien determinasi (R2). Dimana mendapatkan hasil bahwa variabel Return On Assets berpengaruh signifikan terhadap harga saham, variabel pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap harga saham dan secara simultan variabel Return On Assets dan Pertumbuhan Penjualan berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Untuk penelitian selanjutnya, penulis merekomendasikan untuk menambahkan Net Profit Margin sebagai variabel independen, untuk mendapatkan mendapatkan informasi yang lebih konkrit tentang pertumbuhan penjualan.

http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16510/1/FEB_MNJ_1402015003_Abdul%20Hadi.pdf

Unduh!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *